Main Article Content

Abstract

Perkembangan dunia bisnis sejalan dengan pertumbuhan teknologi yang makin pesat. Ada hubungan yang saling terkait antara pemanfaatan teknologi dengan bisnis. Begitupun dalam ranah multimedia, banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan bisnis terutama dalam masa pandemi Covid-19. Berdasarkan data yang dikeluarkan LIPI terdapat sekitar 94,69% UMKM mengalami dampak negatif pandemi. Oleh sebab itu kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk membantu UMKM di Kecamatan IB II dalam mencari peluang bisnis baru yang terkait multimedia. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, pelatihan dan diskusi.

Keywords

Pandemi Covid-19 UMKM Multimedia

Article Details

How to Cite
Raneo, A. P., Thamrin, K. M. H., Yunita, D., & Nurullah, A. (2021). Peluang Bisnis Multimedia di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 105–112. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.43

References

  1. Andaiyani, S., Yunisvita, Y., & Tarmizi, N. (2020). Peran Financial Technology sebagai Alternatif Permodalan bagi UMKM di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(2), 85-92. doi:https://doi.org/10.29259/jscs.v1i2.16
  2. Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi Pada UKM Yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis. 5(1), 60-73.
  3. Basyah, Ali, N., Fahmi, I., & Razak, A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan Masa Covid-19 : Satu Tinjauan. Jurnal Pencerahan. 14(1), 1-11.
  4. Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital Menggunakan E-Commerce Dalam Mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di Masa Pandemi Covid-19. IKRAITH-ABDIMAS. 4(2), 68-73.
  5. Evin. & Rumpak. (2019). Analisis Pengembangan Desain Grafis Dalam Aplikasi Photoshop Sebagai Peluang Bisnis Mahasiswa Institut Bisnis dan Multimedia ASMI. Jurnal SISTEM INFORMASI. 1(2), 33-40.
  6. Faridah, F., & Wulandari, Z.W. (2020). Pendampingan Pemasaran Industri Lokal Melalui Penggunaan Marketplace Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sidomukti Lamongan. Engagement. 4(2), 509-523.
  7. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. 2020.
  8. Hagen, R & Golombisky, K. (2017). White Space Is Not Your Enemy : A Beginner's Guide to Communicating Virtually Through Graphic, Web & Multimedia Design. CRC Press.
  9. Hofstetter, F.T. (2001). Multimedia : Making it Work. 8th Edition. New York : McGraw-Hill.
  10. Kepmenkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.
  11. Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi. 22(2), 118 – 124.
  12. Narto. & Basuki, G.H.M.(2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid- 19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH. 6(1), 48-54.
  13. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar.
  14. Rahmi, A., & Fauzi, M.F. (2020). Membangkitkan Bisnis Kuliner Terdampak Covid-19 Melalui Multimedia. Prosiding Universitas AMIKOM Yogyakarta, 510 -515.
  15. Rakib, M., Syam, A., Marhawati, & Dewantara, H. (2020). Pelatihan Merancang Bisnis Online di Masa Pandemi Bagi Mahasiswa. Jurnal Dedikasi. 22(2), 129 – 134.
  16. Robin, Linda. (2001). Kitab Suci Komputer & Multimedia. Yogyakarta : Alberta.
  17. Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid-19 : Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Al-Intaj Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. 6(2), 46-58.
  18. Survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. 2020.
  19. Susanti, S. (2020). Peluang dan Tantangan Bisnis Kriya saat Pandemi Covid – 19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 6(2), 381-389.
  20. Suyanto. (2004). Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia. Yogyakarta : Andi Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008 tentang UMKM. WHO International. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.