Main Article Content
Abstract
Inisiatif penyusunan rencana bisnis yang kreatif dan inovatif bagi para wirausahawan di Burai Ogan Ilir diarahkan untuk membuka seluruh potensi yang ada di dalamnya. Mengingat sumber daya manusia yang melimpah di Burai Ogan Ilir, maka pembinaan kewirausahaan pada masyarakat ini merupakan hal yang sangat penting dan memerlukan perhatian khusus, terutama dalam hal pelatihan. Tujuan dari pelatihan ini untuk membekali individu dengan keterampilan yang diperlukan untuk membuat rencana bisnis yang efektif, sehingga meminimalkan risiko kegagalan bisnis. Dengan memberdayakan wirausahawan melalui pengetahuan komprehensif tentang perencanaan bisnis, pelatihan ini bertujuan tidak hanya untuk mencegah kurangnya kesiapan namun juga merangsang peningkatan jumlah bisnis yang berkembang di Burai Ogan Ilir. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah secara signifikan. Rencana bisnis yang terstruktur dengan baik berfungsi sebagai peta jalan, yang memandu bisnis menuju tujuan dan sasaran mereka. Ini bertindak sebagai alat penting bagi wirausahawan, membantu mereka membuat keputusan yang tepat mengenai apakah akan memulai atau memperluas usaha mereka. Oleh karena itu, berinvestasi dalam program pelatihan yang berfokus pada perencanaan bisnis sangatlah penting. Pelatihan semacam ini tidak hanya mengurangi kemungkinan terjadinya tantangan awal dalam bisnis namun juga membina wirausahawan, memungkinkan mereka untuk berkembang sebagai bisnis yang efektif.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services by http://jscs.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jscs
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..
References
- Menengah Sebagai Model Social Entrepreneurship Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi Kasus pada Usaha Kuliner di Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng). Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 4(1), 447–456.
- Ananta, R. K. E., Djalali, A., & Farid, M. (2014). Minat Wirausaha, Konsep Diri Dan Kreativitas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 48–57.
- Aziz et al. (2021). Membangun Jiwa Usaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(1), 11–18.
- Badan Pusat Statistik. (2020). Catalog : 1101001. Statistik Indonesia 2020, 1101001, 790.
- Dady, T. (2015). KEWIRAUSAHAAN. ( ummi Kalsum, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: Wijana Mahadi Karya.
- Geoffrey, G. Meredith, et. Al. (1996). Kewirausahaan Teori Dan Praktek. PT. Pustaka Binaman Presindo: Jakarta.
- Hugo, S. A. (2019). Pengaruh Pembuatan Proposal Rencana Bisnis (Business Plan) Terhadap Kemampuan Berwirausaha di SMK Bhakti Husada. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 18–23. https://doi.org/10.5281/zenodo.2653342
- Kemdikbud. (2021). Panduan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2021, 45.
- Oganilir.co.id. (2024). Profil Ogan Ilir. Retrieved from https://oganilirkab.go.id/
- Rangkuti, F. (2001). Business Plan: Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
- Rifa’i, A., & Tb, N. E. (2019). Rencana Strategi Dalam Menerapkan Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan. JUMANIS-BAJA: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Baja, 1(2), 71–90.
- Robbins, S. P., & Coulter. (2002). Management (activebook) 7th ed. Prentice Hall.
- Sanawariri Brillyanes, M. I. (2018). Kewirausahaan.
- Santia, T. (2021). Rasio Wirausaha Indonesia 3,47 Persen, Lebih Rendah Dibanding Malaysia dan Thailand. Liputan 6.
- Tan, B., & Prasastyo, K. W. (2019). Pembekalan Kewirausahaan Kepada Pelajar SMA Muhammadiyah Melalui Metode Business Model Canvas (BMC). Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 1240–1245. https://doi.org
References
Menengah Sebagai Model Social Entrepreneurship Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi Kasus pada Usaha Kuliner di Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng). Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 4(1), 447–456.
Ananta, R. K. E., Djalali, A., & Farid, M. (2014). Minat Wirausaha, Konsep Diri Dan Kreativitas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 48–57.
Aziz et al. (2021). Membangun Jiwa Usaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(1), 11–18.
Badan Pusat Statistik. (2020). Catalog : 1101001. Statistik Indonesia 2020, 1101001, 790.
Dady, T. (2015). KEWIRAUSAHAAN. ( ummi Kalsum, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: Wijana Mahadi Karya.
Geoffrey, G. Meredith, et. Al. (1996). Kewirausahaan Teori Dan Praktek. PT. Pustaka Binaman Presindo: Jakarta.
Hugo, S. A. (2019). Pengaruh Pembuatan Proposal Rencana Bisnis (Business Plan) Terhadap Kemampuan Berwirausaha di SMK Bhakti Husada. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 18–23. https://doi.org/10.5281/zenodo.2653342
Kemdikbud. (2021). Panduan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2021, 45.
Oganilir.co.id. (2024). Profil Ogan Ilir. Retrieved from https://oganilirkab.go.id/
Rangkuti, F. (2001). Business Plan: Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rifa’i, A., & Tb, N. E. (2019). Rencana Strategi Dalam Menerapkan Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan. JUMANIS-BAJA: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Baja, 1(2), 71–90.
Robbins, S. P., & Coulter. (2002). Management (activebook) 7th ed. Prentice Hall.
Sanawariri Brillyanes, M. I. (2018). Kewirausahaan.
Santia, T. (2021). Rasio Wirausaha Indonesia 3,47 Persen, Lebih Rendah Dibanding Malaysia dan Thailand. Liputan 6.
Tan, B., & Prasastyo, K. W. (2019). Pembekalan Kewirausahaan Kepada Pelajar SMA Muhammadiyah Melalui Metode Business Model Canvas (BMC). Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 1240–1245. https://doi.org