Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi adanya perkembangan pelaku usaha  muda yang berbasis kreativitas, inovasi, dan teknologi di lingkungan sekolah. Eksplorasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan ekonomi kreatif pelajar sangat penting dilakukan karena sangat berpotensi menambah pengetahuan pelajar tentang manfaat TI dalam dunia ekonomi kreatif dan menambah pendapatan dari aspek ekonomi pelajar serta menambah pengetahuan siswa tentang cara berjualan secara daring. Target peserta kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pelajar di SMAN 1 Alalak Kabupaten Barito Kuala. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan edukasi melalui pemberian materi dari narasumber, baik dari dosen maupun mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin yang terlibat. Selebihnya, dengan adanya pelatihan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi membantu pelajar dalam mengasah kreativitas kegiatan ekonomi kreatif. Sehingga nantinya kegiatan ini akan menjadi modal utama bagi pelajar untuk menjalankan perannya dalam kegiatan ekonomi kreatif di lingkungan masyarakat dan adanya ide kreatif serta strategi pengembangan usaha yang dituangkan ke dalam sebuah tulisan ataupun sebuah akun yang dapat memulai pelajar berjualan di media sosial.

Keywords

Pelatihan Pemanfaatan Teknologi informasi dan komunikasi Ekonomi kreatif

Article Details

How to Cite
Saputra, R. R., Noor, S., & Susilawati. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Ekonomi Kreatif Siswa SMAN 1 Alalak. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 5(2), 169–174. https://doi.org/10.29259/jscs.v5i2.198

References

  1. Angelia, F. (2020). Peran Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sektor Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jurnal Kebijakan Ekonomi, 15 (2): 1-23.
  2. Donou-Adonsou, F. (2019). Technology, education, and economic growth in Sub-Saharan Africa. Telecommunications Policy, 43(4), 353–360. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2018.08.005
  3. Endriastuti, A., & Permatasari, M. P. (2018). Pelatihan Pemasaran, Pemberdayaan Toko Online, dan Pengenalan M-Commerce Pada Produk Unggulan Jagung Tortiladi Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56-66. http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i2.56-66
  4. Kačerauskas, T. (2012). Creative Economy and Technologies: Social, Legal and Communicative Issues. Journal of Business Economics and Management, 13 (1): 71-80. https://doi.org/10.3846/16111699.2011.620151
  5. Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2015). Pemanfaatan dan Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Petani dan Nelayan. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Penyelenggaraan Pos dan Informatika.
  6. Kementerian Koordinator Perekonomian Bidang & Indonesia. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah. Diunduh pada tanggal 1 Juni 2024.
  7. Mawardi, M. K. (2020). Ecosytem Kewirausahaan Dan Dampaknya Pada Minat Berwirausaha. Profit, 14(02), 39–47. 10.21776/ub.profit.2020.014.02.5
  8. Hepp, K. P., Hinostroza, S. E., Laval, M. E., & Rehbein, L. F. (2004). Technology in Schools: Education, ICT and the Knowledge Society. Washington D.C.: World Bank.
  9. Howkins, J. (2001). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. London: The Penguin Press.
  10. Mithas, S., Tafti, A., Bardhan, I., & Mein, J. G. (2012), Information Technology and Firm Profitability: Mechanisms and Empirical Evidence. MIS Quarterly, 36 (1): 205-224. 10.2307/41410414
  11. Muliati, N. K. (2020). Pengaruh Perekonomian Indonesia di Berbagai Sektor Akibat Corona Virus Disease 2019. Widya Akutansi & Keuangan, 2 (2): 1-9. https://doi.org/10.32795/widyaakuntansi.v2i2.874
  12. Papaioannou, S. K., & Dimelis, S. P. (2007). Information technology as a factor of economic development: Evidence from developed and developing countries. Economics of Innovation and New Technology, 16(3), 179-194. 10.1080/10438590600661889.
  13. Riyanto, A, D. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/
  14. Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017, October). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. In Prosiding Seminar Dan Call For Paper, 85-90.
  15. Yusuf, S., & Nabeshima, K. (2005). Creative industries in east Asia. Cities, 22(2), 109-122. https://doi.org/10.1016/j.cities.2005.01.001