Main Article Content

Abstract

Motivasi adalah keadaan dalam diri seseorang yang mendorong individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan. Seorang individu akan melihat berbagai peluang, kesempatan, serta kekuatan yang dimilikinya untuk mencapai tujuannya. Motivasi yang dimiliki oleh individu akan mempengaruhi keputusan-keputusan. Salah satu keputusan yang dibuat oleh individu adalah keputusan untuk berwirausaha.Melalui kegiatan wirausaha, seseorang dapat mewujudkan tujuannya.Banyak individu yang sudah memiliki kemampuan atau keahlian untuk berwirausaha, tapi masih kurang tertarik untuk melakukan kegiatan wirausaha atau tidak terdorong untuk melakukan pengembangan dari usaha yang sudah dijalankan.Banyak masyarakat yang melakukan kegiatan usaha hanya sekadarnya saja, padahal jika masyarakat mau belajar dan mengembangkan potensi diri, maka kegiatan menjalankan usaha dapat dijadikan sebagai profesi, yaitu profesi pengusaha atau wirausahawan.Hal ini juga terjadi pada masyarakat Desa Tanjung Raya Kecamatan Sukamerindu Kabupaten Lahat yang merupakan salah satu desa penghasil kopi.Masih banyak masyarakat desa Tanjung Raya yang melakukan kegiatan usaha seadanya.Dengan demikian, perlu diberi dorongan atau motivasi kepada para masyarakat tersebut untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan usahanya.

Keywords

Motivasi Kewirausahaan Wirausaha

Article Details

How to Cite
Farla, W., Hadjri, M. I., & Iisnawati, I. (2021). Penyuluhan Motivasi Kewirausahaan Bagi Masyarakat Desa Tanjung Raya Kecamatan Sukamerindu Kabupaten Lahat. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 133–138. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.60

References

  1. Anggarini, D., Nani, D., & Aprianto, W. (2021). Penguatan Kelembagaan dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Petani Kopi pada GAPOKTAN Sumber Murni Lampung (SML). Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 59-66. doi:https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.59.
  2. Barba-Sánchez, V., & Atienza-Sahuquillo, C. (2012). Entrepreneurial behavior: Impact of motivation factors on decision to create a new venture. Investigaciones Europeas de Direccion y Economia de La Empresa. 18, 132-138. https://doi.org/10.1016/S1135-2523(12)70003-5.
  3. Curatman, A., Rahmadi, Maulany, S., & Ikhsani, M. M. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, 18(3), 61–75.
  4. Dweck, C. S. (2017). From needs to goals and representations: Foundations for a unified theory of motivation, personality, and development. Psychological Review. https://doi.org/10.1037/rev0000082.
  5. Ernani, H. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13, 8–16. https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16.
  6. Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1). https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90.
  7. Indah, K. A. (2017). Strategi manajemen sekolah dasar dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. JURNAL JPSD ( Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar ), 4(1), 77–86.
  8. Oblivia, V., & Indriyani, R. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Agora, 1(1).
  9. Purnomo, A. (2017). Penguatan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Daya Saing UKM Produk Unggulan di Kota Bandar Lampung. SOSIALITA: Jurnal Ilmu Administrasi, 9(2), 64-72.
  10. Rainey, H. G. (2014). Motivation and Motivation Theory. Understanding and Managing Public Organizations, 257–296.
  11. Rintan, S. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan. Jurnal Kewirausahaan, 3(DESEMBER), 26–34. http://jklmii.org.
  12. Suroto, B., Rizal, N., & Rahman, F. (2016). Identifikasi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Benefita, 1(3), 154. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.495.
  13. Tu, C., & Yang, S. (2013). The Role of Entrepreneurial Creativity in Entrepreneurial Processes. International Journal of Innovation, Management and Technology. 4(2), 286-289. https://doi.org/10.7763/ijimt.2013.v4.408.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.