Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi adanya perkembangan pelaku usaha muda yang berbasis kreativitas, inovasi, dan teknologi di lingkungan sekolah. Eksplorasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan ekonomi kreatif pelajar sangat penting dilakukan karena sangat berpotensi menambah pengetahuan pelajar tentang manfaat TI dalam dunia ekonomi kreatif dan menambah pendapatan dari aspek ekonomi pelajar serta menambah pengetahuan siswa tentang cara berjualan secara daring. Target peserta kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pelajar di SMAN 1 Alalak Kabupaten Barito Kuala. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan edukasi melalui pemberian materi dari narasumber, baik dari dosen maupun mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin yang terlibat. Selebihnya, dengan adanya pelatihan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi membantu pelajar dalam mengasah kreativitas kegiatan ekonomi kreatif. Sehingga nantinya kegiatan ini akan menjadi modal utama bagi pelajar untuk menjalankan perannya dalam kegiatan ekonomi kreatif di lingkungan masyarakat dan adanya ide kreatif serta strategi pengembangan usaha yang dituangkan ke dalam sebuah tulisan ataupun sebuah akun yang dapat memulai pelajar berjualan di media sosial.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services by http://jscs.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jscs
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..
References
- Angelia, F. (2020). Peran Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sektor Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jurnal Kebijakan Ekonomi, 15 (2): 1-23.
- Donou-Adonsou, F. (2019). Technology, education, and economic growth in Sub-Saharan Africa. Telecommunications Policy, 43(4), 353–360. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2018.08.005
- Endriastuti, A., & Permatasari, M. P. (2018). Pelatihan Pemasaran, Pemberdayaan Toko Online, dan Pengenalan M-Commerce Pada Produk Unggulan Jagung Tortiladi Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56-66. http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i2.56-66
- Kačerauskas, T. (2012). Creative Economy and Technologies: Social, Legal and Communicative Issues. Journal of Business Economics and Management, 13 (1): 71-80. https://doi.org/10.3846/16111699.2011.620151
- Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2015). Pemanfaatan dan Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Petani dan Nelayan. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Penyelenggaraan Pos dan Informatika.
- Kementerian Koordinator Perekonomian Bidang & Indonesia. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah. Diunduh pada tanggal 1 Juni 2024.
- Mawardi, M. K. (2020). Ecosytem Kewirausahaan Dan Dampaknya Pada Minat Berwirausaha. Profit, 14(02), 39–47. 10.21776/ub.profit.2020.014.02.5
- Hepp, K. P., Hinostroza, S. E., Laval, M. E., & Rehbein, L. F. (2004). Technology in Schools: Education, ICT and the Knowledge Society. Washington D.C.: World Bank.
- Howkins, J. (2001). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. London: The Penguin Press.
- Mithas, S., Tafti, A., Bardhan, I., & Mein, J. G. (2012), Information Technology and Firm Profitability: Mechanisms and Empirical Evidence. MIS Quarterly, 36 (1): 205-224. 10.2307/41410414
- Muliati, N. K. (2020). Pengaruh Perekonomian Indonesia di Berbagai Sektor Akibat Corona Virus Disease 2019. Widya Akutansi & Keuangan, 2 (2): 1-9. https://doi.org/10.32795/widyaakuntansi.v2i2.874
- Papaioannou, S. K., & Dimelis, S. P. (2007). Information technology as a factor of economic development: Evidence from developed and developing countries. Economics of Innovation and New Technology, 16(3), 179-194. 10.1080/10438590600661889.
- Riyanto, A, D. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/
- Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017, October). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. In Prosiding Seminar Dan Call For Paper, 85-90.
- Yusuf, S., & Nabeshima, K. (2005). Creative industries in east Asia. Cities, 22(2), 109-122. https://doi.org/10.1016/j.cities.2005.01.001
References
Angelia, F. (2020). Peran Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sektor Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jurnal Kebijakan Ekonomi, 15 (2): 1-23.
Donou-Adonsou, F. (2019). Technology, education, and economic growth in Sub-Saharan Africa. Telecommunications Policy, 43(4), 353–360. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2018.08.005
Endriastuti, A., & Permatasari, M. P. (2018). Pelatihan Pemasaran, Pemberdayaan Toko Online, dan Pengenalan M-Commerce Pada Produk Unggulan Jagung Tortiladi Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56-66. http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i2.56-66
Kačerauskas, T. (2012). Creative Economy and Technologies: Social, Legal and Communicative Issues. Journal of Business Economics and Management, 13 (1): 71-80. https://doi.org/10.3846/16111699.2011.620151
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2015). Pemanfaatan dan Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Petani dan Nelayan. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Penyelenggaraan Pos dan Informatika.
Kementerian Koordinator Perekonomian Bidang & Indonesia. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah. Diunduh pada tanggal 1 Juni 2024.
Mawardi, M. K. (2020). Ecosytem Kewirausahaan Dan Dampaknya Pada Minat Berwirausaha. Profit, 14(02), 39–47. 10.21776/ub.profit.2020.014.02.5
Hepp, K. P., Hinostroza, S. E., Laval, M. E., & Rehbein, L. F. (2004). Technology in Schools: Education, ICT and the Knowledge Society. Washington D.C.: World Bank.
Howkins, J. (2001). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. London: The Penguin Press.
Mithas, S., Tafti, A., Bardhan, I., & Mein, J. G. (2012), Information Technology and Firm Profitability: Mechanisms and Empirical Evidence. MIS Quarterly, 36 (1): 205-224. 10.2307/41410414
Muliati, N. K. (2020). Pengaruh Perekonomian Indonesia di Berbagai Sektor Akibat Corona Virus Disease 2019. Widya Akutansi & Keuangan, 2 (2): 1-9. https://doi.org/10.32795/widyaakuntansi.v2i2.874
Papaioannou, S. K., & Dimelis, S. P. (2007). Information technology as a factor of economic development: Evidence from developed and developing countries. Economics of Innovation and New Technology, 16(3), 179-194. 10.1080/10438590600661889.
Riyanto, A, D. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/
Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017, October). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. In Prosiding Seminar Dan Call For Paper, 85-90.
Yusuf, S., & Nabeshima, K. (2005). Creative industries in east Asia. Cities, 22(2), 109-122. https://doi.org/10.1016/j.cities.2005.01.001