Main Article Content

Abstract

Pengabdian Dosen ini dilaksanakan di Desa Jejawi, Kab. OKI, Provinsi Sumatera Selatan (SumSel). Tujuan dari layanan ini adalah untuk meningkatkan cara kita beradaptasi dengan praktik baru untuk menjaga produktivitas UMKM selama New Normal. Khalayak sasaran adalah para UMKM yang ada di Desa Jejawi yang tergabung dalam grup SUMPIT (Sumber Piti Masyarakat). Para anggota yang diundang terdiri dari berbagai jenis bisnis penjualan makanan dan minuman serta jasa lainnya seperti penjualan kerupuk, kemplang, kain sulaman, dan buah-buahan. Pendekatan implementasinya adalah memberikan saran bagaimana cara mengembangkan pikiran untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru untuk menjaga produktivitas agar dapat bertahan di era New Normal.

Keywords

Semangat Adaptasi kebiasaan baru Produktivitas UMKM

Article Details

How to Cite
Hanafi, A., Wahab, Z., Fitrianto, M. E., Azmi, M., & Herlianti, A. (2022). Menumbuhkan Semangat Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Menjaga Produktivitas UMKM pada Era New Normal di Desa Jejawi, Kabupaten OKI, Provinsi Sumatera Selatan. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 3(2), 105–112. https://doi.org/10.29259/jscs.v3i2.80

References

  1. Anoraga, P. (2004). Manajemen Bisnis. PT. Rineka Cipta.
  2. Arifa, H. (2021). 5 Tips Agar Kamu Bisa Tetap Semangat Sepanjang Hari. https://www.idntimes.com/life/inspiration/arifa-h/5-tips-agar-kamu-bisa-tetap-semangat-sepanjang-hari-c1c2/4
  3. Azizah, F. N., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1).
  4. Farizki, F. I., Salamah, R., Mutiah, T. S. R., Wardhani, W. K., & Siddi, P. (2020). Penyuluhan Umkm Di Era New Normal Dengan Memprioritaskan Ekonomi Digital Marketing. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 620-623.
  5. Fornews.co. (2020). Produk UMKM di Kabupaten OKI didorong Masuk Marketplace. https://fornews.co/news/produk-umkm-di-kabupaten-oki-didorong-masuk-market-place/
  6. Ginanjar, A. (2019). Cara Membangkitkan Semangat Hidup yang Hilang. https://esqtraining.com/cara-membangkitkan-semangat-hidup-yang-hilang/
  7. Hanafi, A. (2021). Menumbuhkan Semangat Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Menjaga Produktivitas UMKM pada Era New Normal di Kota Madya Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 9(1), 1165-1169.
  8. Hasibuan, S. . M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
  9. Istiatin, I., & Marwati, F. S. (2021). Sosialisasi Berbagai Peluang Usaha Umkm Dan Ekonomi Kreatif Di Era New Normal Di Dusun Pinggir Desa Telukan Sukoharjo. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).
  10. Media Indonesia. (2020). Pemkab OKI Beri Tambahan Modal Bagi Pelaku UMKM. https://mediaindonesia.com/nusantara/339053/pemkab-oki-beri-tambahan-modal-bagi-pelaku-umkm
  11. Mustamim, M., Ula, L. F., & Widyastutik, L. (2020). Inovasi dan Strategi Pemasaran Produk Industri Kecil di Era New Normal. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20-22.
  12. Nitisemito, A. S. (2001). Manajemen Personalia. Ghalia Indonesia.
  13. Panji, A. (1998). Psikologi Kerja. Rinka Cipta.
  14. Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi. PT. Indeks Kelompok Gramedia.
  15. Saputri, N.D.M., Yuliani, Y., Putri, Y.H. (2021). Peningkatan Kemampuan UMKM dalam Melakukan Analisis Kelayakan Usaha Agar Dapat Bertahan di Masa Pandemi COVID-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2): 177-181. DOI: https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.69
  16. Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN.
  17. Thomas, A. J. (1971). The Productive School; A System Analysis Approach to Educational Administration. John Wiley & Sons.
  18. Tisnawati, E. S. (2005). Pengantar Manajemen. Kencana.
  19. Umar, H. (2000). Riset Pemasaran dan Penilaian Konsumen. PT Gramedia Pustaka.
  20. Yulianita, A., Marissa, F., Imelda, I., Asngari, I., Harunnurasyid, H., & Adnan, N. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan UMKM dalam Menyusun Laporan Keuangan Sektor Barang dan Sektor Jasa dengan Program MYOB di Masa Pandemi COVID 19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 3(1): 81-88. DOI: https://doi.org/10.29259/jscs.v3i1.76

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.