Main Article Content

Abstract

Kewirausahaan saat ini tidak hanya dimiliki oleh bidang bisnis dan ekonomi saja, bisa menyasar semua aspek dan bidang dalam kehidupan masyarakat sehingga melalui kegiatan pengabdian  ini dengan melaksanakan pendampingan bagi  Kelompok Usaha Pedagang Pasar di PLBN Motaain diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pengembangan minat berwirausaha kelompok yang akan memberikan manfaat terhadap kesejahteraan mereka dan keluarga. Pendampingan dilakukan dengan  tim bersama-sama dengan masyarakat bergabung melakukan proses pengolahan kacang mulai dari pembersihan hingga produk siap dikonsumsi. Metode pendampingan pembinaan sekaligus mengawasi secara langsung aktivitas yang dilakukan agar masyarakat benar-benar menyerap pengetahuan dan teknologi pengolahan kacang tanah yang memiliki nilai jual tinggi sehingga menambah kemandirian para pedagang. Pengabdian ini merupakan suatu respon pergururan tinggi untuk ikut mendorong pertumbuhan wirausaha di kalangan masyarakat. Pendampingan yang intensif diupayakan untuk memastikan bahwa ide bisnis yang ada dapat dilaksanakan dengan efektif dan paling tidak dapat memberikan kontribusi perekonomian bagi kelompok pedagang pasar di Motaain.

Keywords

Kemampuan usaha Diversifikasi produk Pelaku usaha

Article Details

How to Cite
Nursiani, N. P., Kurniawati, M., Amtiran, P. Y., & Bere, T. N. (2024). Penguatan Kemampuan Usaha Melalui Diversifikasi Produk bagi Pelaku Usaha di Pasar PLBN Motaain. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 5(2), 191–198. https://doi.org/10.29259/jscs.v5i2.191

References

  1. Alma, B. (2008). Kewirausahaan. Alfabeta.
  2. Dibyo, P. (2013). Memilih usaha dan teknik analisis investasi untuk usaha Pertanian Agribisnis. Aditya Media. https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac/?id=11356
  3. Khamimah, W. (2021). Peran kewirausahaan dalam memajukan perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 228-240.
  4. Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Dasar-Dasar Pemasaran. Inter Media.
  5. Kotler, P., Keller, K. L., & Ang, S. H. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson.
  6. Purbaningsih, Y., Rahman, I., Triani, N., Baba, S., Dagong, M. I. A., Naim, Z., ... & Sisi, L. (2023). Model Pengembangan Usaha Pada Pemberdayaan Masyarakat Pengolah Gula Aren Melalui Diversifikasi Produk Olahan Gula Aren Di Desa Lamondape Kecamatan Polinggona Kabupaten Kolaka. Jurnal Abditani, 6(2), 166-171. https://doi.org/10.31970/abditani.v6i2.292
  7. Putri, R. A., Kumalasari, I. D., & Utama, B. (2022). Implementasi program diversifikasi produk pangan lokal di dinas ketahanan pangan provinsi jawa tengah. MEDIAGRO, 18(1), 10-22. DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mediagro.v18i1.4973
  8. Purnama, M. F. (2023). Pkmi Pemberdayaan Ibu-Ibu Warga Perumnas Poasia Melalui Diversifikasi Produk Berbasis Olahan Ikan Di Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Meambo, 2(2), 112-119. https://doi.org/10.56742/jpm.v2i2.70
  9. Saputri, N. D. M., Yuliani, Y., & Putri, Y. H. (2021). Peningkatan Kemampuan UMKM dalam Melakukan Analisis Kelayakan Usaha Agar Dapat Bertahan di Masa Pandemi COVID-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 177–181. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.69
  10. Sulastri. (2022). Strategi Difersifikasi dan Implementasinya. Alfabeta.
  11. Suratna, S., Soeprapto, A., Susanta, S., & Nugroho, S. P. (2021). Penguatan Kapasitas Kelompok Wanita Tani Melalui Diversifikasi Produk Olahan Pangan Lokal. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). 166-171. https://doi.org/10.31970/abditani.v6i2.292
  12. Suryana. (2003). Kewirausahaan : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.
  13. Tjiptono, F. (2000). Strategi Pemasaran. Andi.
  14. Tohar, M. (2015). Membuka Usaha Kecil. Kanisius.
  15. Tololiu, C. L., Rumagit, G. A. J., & Dumais, J. N. K. (2021). Analisis Nilai Tambah Kacang Tanah Pada Usaha Kacang Bawang “Marindi” Di Kota Manado (Analyzing the Values Added of the Peanuts on Onion Bean Business “Marindi” in Manado City). Agri-Sosioekonomi, 17(1), 67. https://doi.org/10.35791/agrsosek.17.1.2021.32262
  16. Trinanda, O., & Sari, A. Y. (2019). Penguatan Diversifikasi Produk dan Desaian Produk Kelompok Tenun Mulia di Kabupaten Solok. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 1, 271-277 https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/600
  17. Tunggal, A., W. (2015). Manajemen Kewirausahaan. Hafrindo.
  18. Wijaya, T. (2000). Bentuk Usaha Dalam Kegiatan Ekonomi. Akatiga.