Main Article Content

Abstract

Permasalahan yang terjadi berkaitan barang bekas yang menumpuk dan akhirnya menjadi sampah merupakan persoalan dalam pengabdian ini. Kegiatan pengabdian ini betujuan agar dapat membantu para fasilitator untuk mengembangkan ekonomi kreatif sejak dini di Sekolah Pinggiran Sriwijaya, meningkatkan manfaat dari barang bekas (nilai tambah) menjadi sesuatu yang bernilai guna, membantu menambah  pendapatan dari pemanfaatan barang bekas tersebut. Model kegiatan permberdayaan masyarakat di Sekolah Pinggiran Sriwijaya adalah Pembinaan Keterampilan Ekonomi Kreatif yang memberikan nilai tambah bagi masyarakat khusunya anak-anak di Sekolah Pinggiran Sriwijaya serta penginisiasian ekonomi kreatif sejak dini. Metodologi dilakukan dengan ceramah, diskusi serta experiental learning diiringi pembinaan dengan pendekatan partisipatif di mana melibatkan peran masyarakat secara langsung dalam berbagai proses dan pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian maka dapat disimpulkan tingkat kreativitas di kalangan Sekolah Pinggiran Sriwijaya sangat tinggi hal ini terlihat dari hasil karya anak-anak di sekolah tersebut sangat menarik dan kreatif dalam pemanfaatan pengolahan sampah menjadi sesuatu yang bernilai guna. Sejak dini sudah diajarkan mengenai ekonomi kreatif, meningkatkan dan menciptakan hasil kreatifitas dari barang bekas /sampah yang sederhana sehingga dapat menghasilkan nilai tambah dari suatu produk yang dihasilkan. 

Keywords

Barang Bekas Nilai Tambah Sekolah Pinggiran Sriwijaya Ekonomi Kreatif

Article Details

How to Cite
Apriani, D., Robiani, B., Susetyo, D., & Marissa, F. (2024). Nilai Tambah Barang Bekas untuk Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Sejak Dini. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 5(1), 95–104. https://doi.org/10.29259/jscs.v5i1.163

References

  1. Arjana, I, G, B. (2016). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  2. Agrawal, V., & Ulku, S. (2012). The Role Of Product Modularity In Green Product Design. Manufacturing Service Oper. Management. Forthcoming.
  3. Apriani, D., Robiani, B., Asngari, I., Marissa, F., & Setiawan, S. P. (2022). Bank Sampah untuk Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat di Desa Kota Daro II Ogan Ilir. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi, 1(2), 69-78. https://doi.org/10.35912/jpe.v1i2.714
  4. Astuti, et al,. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Pembuatan Buket Bunga dan Cara Pemasarannya. WARTA LPM, 22(1), 6-10.
  5. Arifin. (2016). Pengantar Agroindustri. Bandung: CV. Mujahid Press.
  6. Berg, P., Feber, D., Granskog, A., Nordigården, D., & Ponkshe, S. (2020). The Drive Toward Sustainability In Packaging—Beyond The Quick Wins. Mckinsey & Company.
  7. Boediono. (1988). Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
  8. Darwanto. (2015). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang. Undip Semarang.
  9. Ernawati, S., Yusuf, M., Nurdin, H., & Jumharis. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Kerajinan Tangan Untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif di Kelurahan Sarae. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 3(1), 44-50.
  10. Gunartin, G., Sholeh, B., & Lubis, M. (2019). Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Di Kalangan Masyarakat (Pada Majelis Ta’lim Al Hidayah Benda Baru Pamulang). Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 24-31. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v2i1.3617
  11. Handayani, M., & Purwanto, A. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan di SD Budi Mulia Dua Bintaro. Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan, 32-26. https://doi.org/10.17509/md.v15i1.21651
  12. Imelda, I., Yuliana, S., Apriani, D., & Andaiyani, S. (2020). Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dengan Metode Komposting di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(2), 107-114. https://doi.org/10.29259/jscs.v1i2.19
  13. Kastaman, R & Kramadibrata, A, M. (2007). Sistem Pengelolaan Reaktor Sampah Terpadu (silar satu). Bandung: Humanoria
  14. Marissa, F., et al. (2022). Creativepreneur: Pemberdayaan Kewirausahaan Melalui Kreativitas Kerajinan Tangan Bagi Anggota Karang Taruna. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 3(2), 153-160. https://doi.org/10.29259/jscs.v3i2.100
  15. Purnama, H., & Yuriandala, Y. (2010). Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, 2(1), 21–31. https://doi.org/10.20885/jstl.vol2.iss1.art3
  16. Hidayat, R., Luktiana, Y. F., & Anisa, R. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk yang Memiliki Nilai Tambah. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (PAKEM), 3(1), 151-158.
  17. Plambeck, E., & Wang, Q. (2009). Effects of E-Waste Regulation on New Product Introduction. Management Science, 55(3), 333-347.
  18. Raz, G., Druehl, C. T., & Blass, V. (2013). Design for The Environment: Life‐Cycle Approach Using A Newsvendor Model. Production And Operations Management, 22(4), 940-957.
  19. Rossi, V., Cleeve-Edwards, N., Lundquist, L., Schenker, U., Dubois, C., Humbert, S., & Jolliet, O. (2015). Life Cycle Assessment Of End-Of-Life Options For Two Biodegradable Packaging Materials: Sound Application Of The European Waste Hierarchy. Journal of Cleaner Production, 86, 132-145.
  20. Subramanian, N., Natarajan, K., Clatworthy, M. R., Wang, Z., & Germain, R. N. (2013). The Adaptor MAVS Promotes NLRP3 Mitochondrial Localization And Inflammasome Activation. Cell, 153(2), 348-361.
  21. Sukirno, S. (2006). Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  22. Tyas, Y. I. W., Yatiningrum, A., & Lidyana, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Menumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kalangan HIMPAUDI Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(3), 405-412. https://doi.org/10.36312/linov.v7i3.843
  23. Yatnikasari, S., & Pitoyo, P. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Sarana Kreativitas Anak-anak di Panti Asuhan Uswatun Hasanah Samarinda. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 471-481. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1852
  24. Yulandari, A., Hariyanti, W., & Harjito, Y. (2018). Peningkatan Nilai Tambah Produk Baru dan Barang Bekas. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 34-41. https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2500
  25. Xue, Y., Caliskan-Demirag, O., Chen, Y. F., & Yu, Y. (2018). Supporting Customers To Sell Used Goods: Profitability and Environmental Implications. International Journal of Production Economics, 206, 220-232.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.