Main Article Content
Abstract
Kewirausahaan saat ini tidak hanya dimiliki oleh bidang bisnis dan ekonomi saja, bisa menyasar semua aspek dan bidang dalam kehidupan masyarakat sehingga melalui kegiatan pengabdian ini dengan melaksanakan pendampingan bagi Kelompok Usaha Pedagang Pasar di PLBN Motaain diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pengembangan minat berwirausaha kelompok yang akan memberikan manfaat terhadap kesejahteraan mereka dan keluarga. Pendampingan dilakukan dengan tim bersama-sama dengan masyarakat bergabung melakukan proses pengolahan kacang mulai dari pembersihan hingga produk siap dikonsumsi. Metode pendampingan pembinaan sekaligus mengawasi secara langsung aktivitas yang dilakukan agar masyarakat benar-benar menyerap pengetahuan dan teknologi pengolahan kacang tanah yang memiliki nilai jual tinggi sehingga menambah kemandirian para pedagang. Pengabdian ini merupakan suatu respon pergururan tinggi untuk ikut mendorong pertumbuhan wirausaha di kalangan masyarakat. Pendampingan yang intensif diupayakan untuk memastikan bahwa ide bisnis yang ada dapat dilaksanakan dengan efektif dan paling tidak dapat memberikan kontribusi perekonomian bagi kelompok pedagang pasar di Motaain.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services by http://jscs.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jscs
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..
References
- Alma, B. (2008). Kewirausahaan. Alfabeta.
- Dibyo, P. (2013). Memilih usaha dan teknik analisis investasi untuk usaha Pertanian Agribisnis. Aditya Media. https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac/?id=11356
- Khamimah, W. (2021). Peran kewirausahaan dalam memajukan perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 228-240.
- Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Dasar-Dasar Pemasaran. Inter Media.
- Kotler, P., Keller, K. L., & Ang, S. H. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson.
- Purbaningsih, Y., Rahman, I., Triani, N., Baba, S., Dagong, M. I. A., Naim, Z., ... & Sisi, L. (2023). Model Pengembangan Usaha Pada Pemberdayaan Masyarakat Pengolah Gula Aren Melalui Diversifikasi Produk Olahan Gula Aren Di Desa Lamondape Kecamatan Polinggona Kabupaten Kolaka. Jurnal Abditani, 6(2), 166-171. https://doi.org/10.31970/abditani.v6i2.292
- Putri, R. A., Kumalasari, I. D., & Utama, B. (2022). Implementasi program diversifikasi produk pangan lokal di dinas ketahanan pangan provinsi jawa tengah. MEDIAGRO, 18(1), 10-22. DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mediagro.v18i1.4973
- Purnama, M. F. (2023). Pkmi Pemberdayaan Ibu-Ibu Warga Perumnas Poasia Melalui Diversifikasi Produk Berbasis Olahan Ikan Di Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Meambo, 2(2), 112-119. https://doi.org/10.56742/jpm.v2i2.70
- Saputri, N. D. M., Yuliani, Y., & Putri, Y. H. (2021). Peningkatan Kemampuan UMKM dalam Melakukan Analisis Kelayakan Usaha Agar Dapat Bertahan di Masa Pandemi COVID-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 177–181. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.69
- Sulastri. (2022). Strategi Difersifikasi dan Implementasinya. Alfabeta.
- Suratna, S., Soeprapto, A., Susanta, S., & Nugroho, S. P. (2021). Penguatan Kapasitas Kelompok Wanita Tani Melalui Diversifikasi Produk Olahan Pangan Lokal. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). 166-171. https://doi.org/10.31970/abditani.v6i2.292
- Suryana. (2003). Kewirausahaan : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.
- Tjiptono, F. (2000). Strategi Pemasaran. Andi.
- Tohar, M. (2015). Membuka Usaha Kecil. Kanisius.
- Tololiu, C. L., Rumagit, G. A. J., & Dumais, J. N. K. (2021). Analisis Nilai Tambah Kacang Tanah Pada Usaha Kacang Bawang “Marindi” Di Kota Manado (Analyzing the Values Added of the Peanuts on Onion Bean Business “Marindi” in Manado City). Agri-Sosioekonomi, 17(1), 67. https://doi.org/10.35791/agrsosek.17.1.2021.32262
- Trinanda, O., & Sari, A. Y. (2019). Penguatan Diversifikasi Produk dan Desaian Produk Kelompok Tenun Mulia di Kabupaten Solok. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 1, 271-277 https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/600
- Tunggal, A., W. (2015). Manajemen Kewirausahaan. Hafrindo.
- Wijaya, T. (2000). Bentuk Usaha Dalam Kegiatan Ekonomi. Akatiga.
References
Alma, B. (2008). Kewirausahaan. Alfabeta.
Dibyo, P. (2013). Memilih usaha dan teknik analisis investasi untuk usaha Pertanian Agribisnis. Aditya Media. https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac/?id=11356
Khamimah, W. (2021). Peran kewirausahaan dalam memajukan perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 228-240.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Dasar-Dasar Pemasaran. Inter Media.
Kotler, P., Keller, K. L., & Ang, S. H. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson.
Purbaningsih, Y., Rahman, I., Triani, N., Baba, S., Dagong, M. I. A., Naim, Z., ... & Sisi, L. (2023). Model Pengembangan Usaha Pada Pemberdayaan Masyarakat Pengolah Gula Aren Melalui Diversifikasi Produk Olahan Gula Aren Di Desa Lamondape Kecamatan Polinggona Kabupaten Kolaka. Jurnal Abditani, 6(2), 166-171. https://doi.org/10.31970/abditani.v6i2.292
Putri, R. A., Kumalasari, I. D., & Utama, B. (2022). Implementasi program diversifikasi produk pangan lokal di dinas ketahanan pangan provinsi jawa tengah. MEDIAGRO, 18(1), 10-22. DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mediagro.v18i1.4973
Purnama, M. F. (2023). Pkmi Pemberdayaan Ibu-Ibu Warga Perumnas Poasia Melalui Diversifikasi Produk Berbasis Olahan Ikan Di Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Meambo, 2(2), 112-119. https://doi.org/10.56742/jpm.v2i2.70
Saputri, N. D. M., Yuliani, Y., & Putri, Y. H. (2021). Peningkatan Kemampuan UMKM dalam Melakukan Analisis Kelayakan Usaha Agar Dapat Bertahan di Masa Pandemi COVID-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 177–181. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.69
Sulastri. (2022). Strategi Difersifikasi dan Implementasinya. Alfabeta.
Suratna, S., Soeprapto, A., Susanta, S., & Nugroho, S. P. (2021). Penguatan Kapasitas Kelompok Wanita Tani Melalui Diversifikasi Produk Olahan Pangan Lokal. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). 166-171. https://doi.org/10.31970/abditani.v6i2.292
Suryana. (2003). Kewirausahaan : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.
Tjiptono, F. (2000). Strategi Pemasaran. Andi.
Tohar, M. (2015). Membuka Usaha Kecil. Kanisius.
Tololiu, C. L., Rumagit, G. A. J., & Dumais, J. N. K. (2021). Analisis Nilai Tambah Kacang Tanah Pada Usaha Kacang Bawang “Marindi” Di Kota Manado (Analyzing the Values Added of the Peanuts on Onion Bean Business “Marindi” in Manado City). Agri-Sosioekonomi, 17(1), 67. https://doi.org/10.35791/agrsosek.17.1.2021.32262
Trinanda, O., & Sari, A. Y. (2019). Penguatan Diversifikasi Produk dan Desaian Produk Kelompok Tenun Mulia di Kabupaten Solok. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 1, 271-277 https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/600
Tunggal, A., W. (2015). Manajemen Kewirausahaan. Hafrindo.
Wijaya, T. (2000). Bentuk Usaha Dalam Kegiatan Ekonomi. Akatiga.