Main Article Content
Abstract
Kemampuan berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa lulusan perguruan tinggi. Salah satu ciri dari edupreneur yang banyak dikembangkan adalah kewirausahaan yang berbasis pendidikan dan pada beberapa daerah diharapkan dapat memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perkembangan dunia kewirausahaan dan usaha mikro kecil di dalam kampus dan masyarakat luas. Tujuan kewirausahaan ini adalah agar mahasiswa membantu mewujudkan masyarakat yang berkualitas dan mandiri. Pelatihan ini dilakukan di Pertubuhan Peladang Kawasan Seri Pulau, Penang Malaysia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dalam pelaksanaannya akan menggunakan metode pendampingan manajemen dan teknis dengan teknik pelatihan serta tanya jawab atau diskusi. Pelatihan kewirausahaan digital ini telah diikuti oleh 30 orang pelaku usaha. Tahap pertama pelatihan, peserta diberikan pendampingan manajemen mengenai konsep berwirausaha digital. Pada tahap kedua dari pelatihan dilakukan praktek pemaksimalan penggunaan sosial media sebagai media komunikasi pemasaran yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha. Respon positif telah diberikan oleh peserta pelatihan selama kegiatan berlangsung seperti berpartisipasi aktif mengikuti materi dan praktek yang dilakukan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services by http://jscs.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jscs
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..
References
- Arda, M., Andriany, D., & Manurung, Y. H. (2021). Peningkatan Kapasitas Entrepreneurship Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Tenant. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8213
- Diniati, A., Sutarjo, M. A. S., & Primasari, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 553–561. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.458
- Gani, I., Hufad, A., Komar, O., & Ardiwinata, J. S. (2024). Metode Integrasi Nilai-nilai Kewirausahaan Dalam Pembelajaran PAUD untuk Mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(2), 160–169. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.160-169
- Gelar Guntara, R. (2023). Visualisasi Data Laporan Penjualan Toko Online Melalui Pendekatan Data Science Menggunakan Google Colab. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 1–10. https://doi.org/10.56799/jim.v2i6.1578
- Harianti, A., Malinda, M., Nur, N., Suwarno, H. L., Margaretha, Y., & Kambuno, D. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(3), 214–220. https://doi.org/10.31940/jbk.v16i3.2194
- Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik Dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.
- Iisnawati, I., Marwa, T., Shihab, M. S., Yuliani, Y., Yunita, D., & Daud, I. (2023). Could the Implementation of Augmented Reality Influence Consumers’ Purchase Intention in E-Commerce? Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 12–19. https://doi.org/10.26905/jmdk.v11i1.9561
- Iisnawati, I., Rosa, A., & Yunita, D. (2021). Penerapan Strategi Harga Digital (E-Price) dan E-Wallet pada Usaha dengan Platform Digital. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 53–58. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.39
- Indiyono, L. (2024). Peran Perguruan Tinggi Dalam Membangun Entrepreneurship untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa Menuju Asean Economic Community. Jurnal Teknik Industri, 27(2), 60–67.
- Leong, C., Tan, B., Xiao, X., Tan, F. T. C., & Sun, Y. (2017). Nurturing a FinTech ecosystem: The case of a youth microloan startup in China. International Journal of Information Management, 37(2), 92-97. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2016.11.006
- Lidwina, A. (2019). 35,5% Pemuda Indonesia Ingin Jadi Pengusaha. https://databoks.katadata.co.id/ketenagakerjaan/statistik/fa867845b55a061/355-pemuda-indonesia-ingin-jadi-pengusaha
- Nambisan, S. (2017). Digital Entrepreneurship: Toward a Digital Technology Perspective of Entrepreneurship. Entrepreneurship theory and practice, 41(6), 1029-1055. https://doi.org/10.1111/etap.12254
- Pajarianto, H., Adigoena, A. M., Ukkas, I., & Pribadi, I. (2019). Program Pengembangan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 104-110. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1211
- Qorib, F. (2024). Tantangan dan Peluang Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Program Pengabdian di Indonesia. 2(2), 46–57.
- Riscal, D. A., & Sahbany, S. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(2), 335–346. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i2.1169
- Prihantoro, W.S.G., & Hadi, S. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga Terhadap Sikap Mental Kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 705–717.
- Wibowo, S., & Pramudana, K. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Yang Dimediasi Oleh Sikap Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(12), 8167–8198.
- Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268–283. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3774
- Yunita, D., Rosa, A., Nofiawaty, N., & Iisnawati, I. (2024). Mengembangkan Business Plan Yang Kreatif dan Inovatif Bagi Wirausaha Muda di Desa Burai Ogan Ilir. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 5(1), 67–72. https://doi.org/10.29259/jscs.v5i1.178
References
Arda, M., Andriany, D., & Manurung, Y. H. (2021). Peningkatan Kapasitas Entrepreneurship Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Tenant. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8213
Diniati, A., Sutarjo, M. A. S., & Primasari, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 553–561. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.458
Gani, I., Hufad, A., Komar, O., & Ardiwinata, J. S. (2024). Metode Integrasi Nilai-nilai Kewirausahaan Dalam Pembelajaran PAUD untuk Mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(2), 160–169. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.160-169
Gelar Guntara, R. (2023). Visualisasi Data Laporan Penjualan Toko Online Melalui Pendekatan Data Science Menggunakan Google Colab. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 1–10. https://doi.org/10.56799/jim.v2i6.1578
Harianti, A., Malinda, M., Nur, N., Suwarno, H. L., Margaretha, Y., & Kambuno, D. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(3), 214–220. https://doi.org/10.31940/jbk.v16i3.2194
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik Dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.
Iisnawati, I., Marwa, T., Shihab, M. S., Yuliani, Y., Yunita, D., & Daud, I. (2023). Could the Implementation of Augmented Reality Influence Consumers’ Purchase Intention in E-Commerce? Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 12–19. https://doi.org/10.26905/jmdk.v11i1.9561
Iisnawati, I., Rosa, A., & Yunita, D. (2021). Penerapan Strategi Harga Digital (E-Price) dan E-Wallet pada Usaha dengan Platform Digital. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 53–58. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.39
Indiyono, L. (2024). Peran Perguruan Tinggi Dalam Membangun Entrepreneurship untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa Menuju Asean Economic Community. Jurnal Teknik Industri, 27(2), 60–67.
Leong, C., Tan, B., Xiao, X., Tan, F. T. C., & Sun, Y. (2017). Nurturing a FinTech ecosystem: The case of a youth microloan startup in China. International Journal of Information Management, 37(2), 92-97. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2016.11.006
Lidwina, A. (2019). 35,5% Pemuda Indonesia Ingin Jadi Pengusaha. https://databoks.katadata.co.id/ketenagakerjaan/statistik/fa867845b55a061/355-pemuda-indonesia-ingin-jadi-pengusaha
Nambisan, S. (2017). Digital Entrepreneurship: Toward a Digital Technology Perspective of Entrepreneurship. Entrepreneurship theory and practice, 41(6), 1029-1055. https://doi.org/10.1111/etap.12254
Pajarianto, H., Adigoena, A. M., Ukkas, I., & Pribadi, I. (2019). Program Pengembangan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 104-110. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1211
Qorib, F. (2024). Tantangan dan Peluang Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Program Pengabdian di Indonesia. 2(2), 46–57.
Riscal, D. A., & Sahbany, S. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(2), 335–346. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i2.1169
Prihantoro, W.S.G., & Hadi, S. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga Terhadap Sikap Mental Kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 705–717.
Wibowo, S., & Pramudana, K. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Yang Dimediasi Oleh Sikap Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(12), 8167–8198.
Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268–283. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3774
Yunita, D., Rosa, A., Nofiawaty, N., & Iisnawati, I. (2024). Mengembangkan Business Plan Yang Kreatif dan Inovatif Bagi Wirausaha Muda di Desa Burai Ogan Ilir. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 5(1), 67–72. https://doi.org/10.29259/jscs.v5i1.178