Main Article Content

Abstract

Dewasa ini perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) didukung dengan perkembangan teknologi. Adanya revolusi industri 4.0 memberikan dampak positif terhadap perkembangan dunia usaha. Pemanfaatan teknologi mutakhir tepat guna dalam pengembangan usaha yang berdasarkan pada jiwa entrepreneur yang mapan akan dapat mengoptimalkan proses sekaligus hasil dari unit usaha yang dikembangkan. Pelatihan e-Commerce pada home industry memberikan manfaat pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Desa Kerinjing untuk meningkatkan omset penjualan serta dapat mengembangkan usaha yang dijalaninya agar berkembang menjadi lebih besar lagi. Adanya website e-Commerce ini pelanggan yang didapat bukan hanya dari lingkup Desa Kerinjing saja, akan tetapi pelanggan bisa dari Desa Kerinjing bahkan bisa di luar Sumatera Selatan, tentunya dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian terutama didaerah desa, sehingga daerah desa menjadi terbuka peluang untuk bisa bersaing dikancah nasional maupun dikancah internasional. Proses pemesanan, proses penjualan dan stok barang bisa dilakukan dengan cepat dan akurat sehingga dapat membantu memonitoring usaha dan juga tentunya dapat meningkatkan omset penjualan bagi pelaku UMKM yang ada di Desa Kerinjing.

Keywords

E-commerce Industri Rumah Tangga UMKM

Article Details

How to Cite
Bashir, A., Susetyo, D., Hidayat, A., Hamira, H., & Aini, B. T. (2020). Pelatihan E-commerce pada Industri Rumah Tangga di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.29259/jscs.v1i1.6

References

  1. Arsyad, L. & Kusuma S. E. (2014). Ekonomika Industri: Pendekatan Struktur, Perilaku, dan Kinerja. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  2. Deriani, N. W. (2017). Pemilihan Konsep E-Commerce dan Business Process Re-engineering Penjualan Produk Olahan Kopi. Konferensi Nasional Sistem & Informatika.
  3. Djaslim, S. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Edisi Tiga. Bandung: CV. Linda Karya.
  4. Hamira, Mukhlis, & Robiani. B. (2019). Analisis Strategi Harga, Strategi Produk, dan Keuntungan pada Industri Kerupuk Kemplang di Kota Palembang. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 17(1), 8-15.
  5. Hamzah, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 8(2), 215-228.
  6. Kuncoro, M. (2007). Ekonomika Industri Indonesia. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
  7. Laudon, K., & Traver, C. G. (2017). E-Commerce 2016. Harlow: Pearson Education.
  8. Lipsey, Richard & Steiner. (1996). Economics. New York: Publisher Harper & Row.
  9. Magdalena, H. & Ellyani, W. (2017). Strategi Memanfaatkan E-Commerce dalam Memasarkan Makanan Khas Bangka (Studi Kasus: Aneka Citra Snack). Cogito Smart Journal. 3(2), 286-298.
  10. Mukhlis, Atiyatna, D. P., Dehannisa, N. (2014). Pengembangan Ekonomi Lokal Kota Palembang Melalui Kajian Potensi Klaster Industri Kecil. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(2), 67-80.
  11. Mukhlis. (2004). Ketegaran Harga Komoditi Pangan Hasil Industri Pengolahan di Kota Palembang. Kajian Ekonomi, 3 (1), 41-70.
  12. Purbo, O. W., & Wahyudi A. A. (2001). Mengenal eCommerce. Jakarta: PT. Elex Media Kompetindo.
  13. Suyanto, M. (2003). Strategi Perikanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  14. Tiandra, N., Hambali, D., Nurasia, Rosalina N. (2019). Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 4(1), 6-10.
  15. Turban, E., Outland, J., King, D., Lee, J. K., Liang, T. P., & Turban, D.C. (2017). Electronic commerce 2018: a managerial and social networks perspective. Springe.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>