Main Article Content

Abstract

Kondisi ekonomi di Pekon Ngarip Kecamatan Ulu Belu belum dalam kategori stabil, karena pertumbuhan ekonomi yang tidak merata, kualitas sumber daya manusia yang rendah, dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang ekonomi. Mayoritas mata pencaharian masyarakat Pekon Ngarib adalah petani kopi. Hasil pertanian kopi langsung dijual ke pengepul. Hal ini sangat disayangkan karena hasil penjualan hasil pertanian yang dibeli pengepul tidak mendapatkan hasil yang diharapkan. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu Koperasi Produsen Srikandi Maju Bersama dalam meningkatkan produksi dan penjualan melalui aplikasi e-commerce seperti shopee. Peserta akan diajarkan bagaimana cara mencatat inventory, membuat kemasan produk yang menarik, dan melakukan pemasaran online dengan membuat akun di shopee untuk penjualan produk. Sasaran pengabdian masyarakat ini adalah 270 anggota Koperasi Produsen Srikandi Maju di Pekon Ngarib Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus Lampung. Metode pengabdian kepada masyarakat adalah dengan melakukan sosialisasi. Dalam kegiatan ini terdapat sesi penyampaian materi dan sesi tanya jawab (QnA) antara pemateri dan peserta. Peserta dapat mengikuti kegiatan secara konduktif dari awal acara hingga akhir. Beberapa hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat antara lain 1) Membantu pengelolaan inventaris produk Kopi Srikandi dengan membuat persediaan kartu stok, 2) Membantu merancang kemasan produk kopi dari Kopi Srikandi agar lebih menarik, dan 3) Membantu koperasi dalam membuat akun shopee untuk penjualan.

Keywords

Produksi Penjualan Shopee

Article Details

How to Cite
Sawitri, R. A., Widita, C. S., Rizki, F., Andika, T. H., Dewi, A. P., Putra, T. A., & Hasan, A. (2023). Socialization of Increased Production and Sales Through the Shopee Application for Srikandi Coffe Tanggamus. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.29259/jscs.v4i1.112

References

  1. Assauri, S. (2008). Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan kedelapan. Jakarta: Raja Grafindo.
  2. Destiani, Z. Z. (2019). Pengaruh Penjualan Hijab Syar'i Secara Online Terhadap Minat Beli Masyarakat Kota Kendari (Studi Kasus pada Toko Busana Hijab Emmy Hijabku Studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sulawesi Utara). Journal of Economic and Business.
  3. Dhinarti, L. &. (2019). E-commerce Dalam Perspektif Fiqh Muamalat. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding (p. 162). Yogyakarta: UII.
  4. Fahmi, I. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.
  5. Fitriyadi, E. P. (2019). Inovasi E-Commerce Dan Starup Sebagai Tantangan Masyarakat Industri 4.0. Journal Teknologi Dan Informasi ESIT, 34-39.
  6. Indonesia, P. R. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Pasal 1 Tentang PerKoperasian. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
  7. Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 161-171.
  8. Jamaludin, A. A. (2015). Pengaruh Promosi online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 21.
  9. Pulungan, M. H. (2018). Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan. UB.
  10. Rudianto. (2010). Akuntansi Koperasi Edisi 2 Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga.
  11. Sarwengga, O. A. (2014). Sistem Informasi Akuntansi Simpan Pinjam Berbasis WEB (Studi Kasus Pada Koperasi Bina Sejahtera Bandung). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, 28-33.
  12. Sukisno, D. S. (2017). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. Jurnal Sistem Informasi, 5-8.
  13. Sunarti, S. R. (2019). Peningkatan Pendapatan Ukm Pada Hacord Gallery Dengan Aplikasi Web Marketplace E-Commerce. Jurnal Terapan Abdimas, 166-171.
  14. Yuliani, R. d. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan Dan Label Pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.