Main Article Content
Abstract
Pelatihan pemasaran digital memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan produk lokal seperti abon ikan. Acara ini diadakan pada 22 Juli 2023 di Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu Participatory Rural Appraisal (PRA) yaitu metode melibatkan masyarakat secara aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan. Proses pelatihan dimulai dari identifikasi masalah, analisis kebutuhan, penyusunan materi, pelaksanaan pelatihan, dan pelaporan. Narasumber yang dihadirkan merupakan orang yang kompeten dibidangnya. Adapun peserta pelatihan yaitu mitra yang merupakan produsen abon ikan. Pelatihan ini memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar digital marketing serta bagaimana aplikasinya pada produk yang dijual oleh mitra yaitu abon ikan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, skor pemahaman peserta setelah mengikuti pelatihan mencapai angka 85% yang artinya sudah baik.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services by http://jscs.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jscs
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..
References
- Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson UK.
- Erwin, Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Amaral, M. A. L., Setiawan, Z., Setiono, D., & Manizu, M. (2023). DIGITAL MARKETING (Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
- Handy, M. R. N., Syaharuddin, S., Rajiani, I., Putra, M. A. H., Pradana, R. P., & Nurqomah, R. (2024). Digital marketing training to increase the marketing of MSME products in the Banua Anyar Village. Community Empowerment, 9(6), 869–876. https://doi.org/10.31603/ce.9341
- Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120-125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133
- Ismail, K., Rohmah, M., & Putri, D. A. P. (2023). Peranan UMKM dalam Penguatan Ekonomi Indonesia. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(2), 208–217.
- Misnaini, Suherman, Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). DIGITAL MARKETING. CV Pena Persada.
- Nugroho, W. F., Yuliana, L., Alfian, R., & Didin Hikmah Perkasa. (2024). Langkah Unggul Ke Arah Digital: Studi Kasus Kantin Kalibata Sebagai Pelatihan UMKM di Era Digital. Kegiatan Positif : Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 2(3), 42–50. https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i3.1060
- Phahlevy, R. R., Purwaningsih, S. B., & Faizin, M. (2024). Konstruksi Participatory Rural Appraisal untuk Kesatuan Masyarakat Hukum Asli Berbasis Agama. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(3), 294–306. https://doi.org/10.37329/ganaya.v7i3.3447
- Purnomo, N. (2020). Peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan digital marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 376-381.
- Rambe, R., Ramadhani, G., & Akmala, T. F. (2024). PERAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 3(3), 81-90.
- Rauf, A., Manullang, S. O., Ardiansyah, T. E., Diba, F., Akbar, I., Awaluddin, R., Muniarty, P., Firmansyah, H., Mundzir, A., Manalu, , Vogory Gloriman, Depari, G. S., Rahajeng, E., Apriyanti, M. D., Riorini, S. V., & Yahawi, S. H. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. Insania Publishing.
- Ridwan, I., Dollo, A., & Andriyani, A. (2019). Implementasi Pendekatan Participatory Rural Appraisal pada Program Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 88–94. https://doi.org/10.15294/pls.v3i2.34913
- Sari, D. K., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). DIGITAL MARKETING. Umsida Press.
- Saryatun, S., Purnomo, J., Yuswanto, S., & Kusuma, E. P. (2024). Pelatihan Digital Marketing pada Produsen Sabun Cuci Piring Rumahan di Kebumen. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 3(2), 1-6. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v3i2.436
- Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
- Sulehan, J., Awang, A. H., & Liu, O. P. (2012). Participatory Rural Appraisal (PRA): An Analysis of Experience in Darmareja Village, Sukabumi District, West Java, Indonesia. Akademika, 82(1), 15-19.
- Supriyanto, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Uliq Food di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Journal of Community Service and Empowerment, 3(1), 38–46.
- Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
- Syafrizal, R., Nursaimatussaddiya, N., Sianipar, C. N., & Sarwoto, S. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan pada Kelurahan Tebing Tinggi Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi. Community Service Progress, 3(1), 22–25. https://doi.org/10.70021/csp.v3i1.173
- Zaman, R. K., & Andriyanty, R. (2022). Analis Pengembangan UMKM terhadap Kesejahteraan Nasional. Medianstima, 8(2), 99–114.
References
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson UK.
Erwin, Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Amaral, M. A. L., Setiawan, Z., Setiono, D., & Manizu, M. (2023). DIGITAL MARKETING (Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Handy, M. R. N., Syaharuddin, S., Rajiani, I., Putra, M. A. H., Pradana, R. P., & Nurqomah, R. (2024). Digital marketing training to increase the marketing of MSME products in the Banua Anyar Village. Community Empowerment, 9(6), 869–876. https://doi.org/10.31603/ce.9341
Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120-125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133
Ismail, K., Rohmah, M., & Putri, D. A. P. (2023). Peranan UMKM dalam Penguatan Ekonomi Indonesia. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(2), 208–217.
Misnaini, Suherman, Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). DIGITAL MARKETING. CV Pena Persada.
Nugroho, W. F., Yuliana, L., Alfian, R., & Didin Hikmah Perkasa. (2024). Langkah Unggul Ke Arah Digital: Studi Kasus Kantin Kalibata Sebagai Pelatihan UMKM di Era Digital. Kegiatan Positif : Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 2(3), 42–50. https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i3.1060
Phahlevy, R. R., Purwaningsih, S. B., & Faizin, M. (2024). Konstruksi Participatory Rural Appraisal untuk Kesatuan Masyarakat Hukum Asli Berbasis Agama. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(3), 294–306. https://doi.org/10.37329/ganaya.v7i3.3447
Purnomo, N. (2020). Peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan digital marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 376-381.
Rambe, R., Ramadhani, G., & Akmala, T. F. (2024). PERAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 3(3), 81-90.
Rauf, A., Manullang, S. O., Ardiansyah, T. E., Diba, F., Akbar, I., Awaluddin, R., Muniarty, P., Firmansyah, H., Mundzir, A., Manalu, , Vogory Gloriman, Depari, G. S., Rahajeng, E., Apriyanti, M. D., Riorini, S. V., & Yahawi, S. H. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. Insania Publishing.
Ridwan, I., Dollo, A., & Andriyani, A. (2019). Implementasi Pendekatan Participatory Rural Appraisal pada Program Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 88–94. https://doi.org/10.15294/pls.v3i2.34913
Sari, D. K., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). DIGITAL MARKETING. Umsida Press.
Saryatun, S., Purnomo, J., Yuswanto, S., & Kusuma, E. P. (2024). Pelatihan Digital Marketing pada Produsen Sabun Cuci Piring Rumahan di Kebumen. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 3(2), 1-6. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v3i2.436
Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
Sulehan, J., Awang, A. H., & Liu, O. P. (2012). Participatory Rural Appraisal (PRA): An Analysis of Experience in Darmareja Village, Sukabumi District, West Java, Indonesia. Akademika, 82(1), 15-19.
Supriyanto, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Uliq Food di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Journal of Community Service and Empowerment, 3(1), 38–46.
Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
Syafrizal, R., Nursaimatussaddiya, N., Sianipar, C. N., & Sarwoto, S. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan pada Kelurahan Tebing Tinggi Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi. Community Service Progress, 3(1), 22–25. https://doi.org/10.70021/csp.v3i1.173
Zaman, R. K., & Andriyanty, R. (2022). Analis Pengembangan UMKM terhadap Kesejahteraan Nasional. Medianstima, 8(2), 99–114.