Main Article Content

Abstract

Pelatihan pemasaran digital memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan produk lokal seperti abon ikan. Acara ini diadakan pada 22 Juli 2023 di Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu Participatory Rural Appraisal (PRA) yaitu metode  melibatkan masyarakat secara aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan. Proses pelatihan dimulai dari identifikasi masalah, analisis kebutuhan, penyusunan materi, pelaksanaan pelatihan, dan pelaporan. Narasumber yang dihadirkan merupakan orang yang kompeten dibidangnya. Adapun peserta pelatihan yaitu mitra yang merupakan produsen abon ikan. Pelatihan ini memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar digital marketing serta bagaimana aplikasinya pada produk yang dijual oleh mitra yaitu abon ikan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, skor pemahaman peserta setelah mengikuti pelatihan mencapai angka 85% yang artinya sudah baik.

Keywords

Digital marketing Abon ikan Pangandaran

Article Details

How to Cite
Aliyuddin, M., Surgawati, I., Mela Yuliani, N., & Taufik Rakhmat, A. (2024). Bimtek Digital Marketing dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Penjual Abon Ikan di Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 5(2), 131–140. https://doi.org/10.29259/jscs.v5i2.190

References

  1. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson UK.
  2. Erwin, Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Amaral, M. A. L., Setiawan, Z., Setiono, D., & Manizu, M. (2023). DIGITAL MARKETING (Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  3. Handy, M. R. N., Syaharuddin, S., Rajiani, I., Putra, M. A. H., Pradana, R. P., & Nurqomah, R. (2024). Digital marketing training to increase the marketing of MSME products in the Banua Anyar Village. Community Empowerment, 9(6), 869–876. https://doi.org/10.31603/ce.9341
  4. Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120-125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133
  5. Ismail, K., Rohmah, M., & Putri, D. A. P. (2023). Peranan UMKM dalam Penguatan Ekonomi Indonesia. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(2), 208–217.
  6. Misnaini, Suherman, Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). DIGITAL MARKETING. CV Pena Persada.
  7. Nugroho, W. F., Yuliana, L., Alfian, R., & Didin Hikmah Perkasa. (2024). Langkah Unggul Ke Arah Digital: Studi Kasus Kantin Kalibata Sebagai Pelatihan UMKM di Era Digital. Kegiatan Positif : Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 2(3), 42–50. https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i3.1060
  8. Phahlevy, R. R., Purwaningsih, S. B., & Faizin, M. (2024). Konstruksi Participatory Rural Appraisal untuk Kesatuan Masyarakat Hukum Asli Berbasis Agama. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(3), 294–306. https://doi.org/10.37329/ganaya.v7i3.3447
  9. Purnomo, N. (2020). Peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan digital marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 376-381.
  10. Rambe, R., Ramadhani, G., & Akmala, T. F. (2024). PERAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 3(3), 81-90.
  11. Rauf, A., Manullang, S. O., Ardiansyah, T. E., Diba, F., Akbar, I., Awaluddin, R., Muniarty, P., Firmansyah, H., Mundzir, A., Manalu, , Vogory Gloriman, Depari, G. S., Rahajeng, E., Apriyanti, M. D., Riorini, S. V., & Yahawi, S. H. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. Insania Publishing.
  12. Ridwan, I., Dollo, A., & Andriyani, A. (2019). Implementasi Pendekatan Participatory Rural Appraisal pada Program Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 88–94. https://doi.org/10.15294/pls.v3i2.34913
  13. Sari, D. K., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). DIGITAL MARKETING. Umsida Press.
  14. Saryatun, S., Purnomo, J., Yuswanto, S., & Kusuma, E. P. (2024). Pelatihan Digital Marketing pada Produsen Sabun Cuci Piring Rumahan di Kebumen. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 3(2), 1-6. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v3i2.436
  15. Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
  16. Sulehan, J., Awang, A. H., & Liu, O. P. (2012). Participatory Rural Appraisal (PRA): An Analysis of Experience in Darmareja Village, Sukabumi District, West Java, Indonesia. Akademika, 82(1), 15-19.
  17. Supriyanto, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Uliq Food di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Journal of Community Service and Empowerment, 3(1), 38–46.
  18. Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
  19. Syafrizal, R., Nursaimatussaddiya, N., Sianipar, C. N., & Sarwoto, S. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan pada Kelurahan Tebing Tinggi Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi. Community Service Progress, 3(1), 22–25. https://doi.org/10.70021/csp.v3i1.173
  20. Zaman, R. K., & Andriyanty, R. (2022). Analis Pengembangan UMKM terhadap Kesejahteraan Nasional. Medianstima, 8(2), 99–114.

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.