Main Article Content
Abstract
Motivasi adalah keadaan dalam diri seseorang yang mendorong individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan. Seorang individu akan melihat berbagai peluang, kesempatan, serta kekuatan yang dimilikinya untuk mencapai tujuannya. Motivasi yang dimiliki oleh individu akan mempengaruhi keputusan-keputusan. Salah satu keputusan yang dibuat oleh individu adalah keputusan untuk berwirausaha.Melalui kegiatan wirausaha, seseorang dapat mewujudkan tujuannya.Banyak individu yang sudah memiliki kemampuan atau keahlian untuk berwirausaha, tapi masih kurang tertarik untuk melakukan kegiatan wirausaha atau tidak terdorong untuk melakukan pengembangan dari usaha yang sudah dijalankan.Banyak masyarakat yang melakukan kegiatan usaha hanya sekadarnya saja, padahal jika masyarakat mau belajar dan mengembangkan potensi diri, maka kegiatan menjalankan usaha dapat dijadikan sebagai profesi, yaitu profesi pengusaha atau wirausahawan.Hal ini juga terjadi pada masyarakat Desa Tanjung Raya Kecamatan Sukamerindu Kabupaten Lahat yang merupakan salah satu desa penghasil kopi.Masih banyak masyarakat desa Tanjung Raya yang melakukan kegiatan usaha seadanya.Dengan demikian, perlu diberi dorongan atau motivasi kepada para masyarakat tersebut untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan usahanya.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services by http://jscs.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jscs
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..
References
- Anggarini, D., Nani, D., & Aprianto, W. (2021). Penguatan Kelembagaan dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Petani Kopi pada GAPOKTAN Sumber Murni Lampung (SML). Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 59-66. doi:https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.59.
- Barba-Sánchez, V., & Atienza-Sahuquillo, C. (2012). Entrepreneurial behavior: Impact of motivation factors on decision to create a new venture. Investigaciones Europeas de Direccion y Economia de La Empresa. 18, 132-138. https://doi.org/10.1016/S1135-2523(12)70003-5.
- Curatman, A., Rahmadi, Maulany, S., & Ikhsani, M. M. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, 18(3), 61–75.
- Dweck, C. S. (2017). From needs to goals and representations: Foundations for a unified theory of motivation, personality, and development. Psychological Review. https://doi.org/10.1037/rev0000082.
- Ernani, H. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13, 8–16. https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16.
- Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1). https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90.
- Indah, K. A. (2017). Strategi manajemen sekolah dasar dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. JURNAL JPSD ( Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar ), 4(1), 77–86.
- Oblivia, V., & Indriyani, R. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Agora, 1(1).
- Purnomo, A. (2017). Penguatan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Daya Saing UKM Produk Unggulan di Kota Bandar Lampung. SOSIALITA: Jurnal Ilmu Administrasi, 9(2), 64-72.
- Rainey, H. G. (2014). Motivation and Motivation Theory. Understanding and Managing Public Organizations, 257–296.
- Rintan, S. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan. Jurnal Kewirausahaan, 3(DESEMBER), 26–34. http://jklmii.org.
- Suroto, B., Rizal, N., & Rahman, F. (2016). Identifikasi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Benefita, 1(3), 154. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.495.
- Tu, C., & Yang, S. (2013). The Role of Entrepreneurial Creativity in Entrepreneurial Processes. International Journal of Innovation, Management and Technology. 4(2), 286-289. https://doi.org/10.7763/ijimt.2013.v4.408.
References
Anggarini, D., Nani, D., & Aprianto, W. (2021). Penguatan Kelembagaan dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Petani Kopi pada GAPOKTAN Sumber Murni Lampung (SML). Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 59-66. doi:https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.59.
Barba-Sánchez, V., & Atienza-Sahuquillo, C. (2012). Entrepreneurial behavior: Impact of motivation factors on decision to create a new venture. Investigaciones Europeas de Direccion y Economia de La Empresa. 18, 132-138. https://doi.org/10.1016/S1135-2523(12)70003-5.
Curatman, A., Rahmadi, Maulany, S., & Ikhsani, M. M. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, 18(3), 61–75.
Dweck, C. S. (2017). From needs to goals and representations: Foundations for a unified theory of motivation, personality, and development. Psychological Review. https://doi.org/10.1037/rev0000082.
Ernani, H. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13, 8–16. https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16.
Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1). https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90.
Indah, K. A. (2017). Strategi manajemen sekolah dasar dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. JURNAL JPSD ( Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar ), 4(1), 77–86.
Oblivia, V., & Indriyani, R. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Agora, 1(1).
Purnomo, A. (2017). Penguatan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Daya Saing UKM Produk Unggulan di Kota Bandar Lampung. SOSIALITA: Jurnal Ilmu Administrasi, 9(2), 64-72.
Rainey, H. G. (2014). Motivation and Motivation Theory. Understanding and Managing Public Organizations, 257–296.
Rintan, S. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan. Jurnal Kewirausahaan, 3(DESEMBER), 26–34. http://jklmii.org.
Suroto, B., Rizal, N., & Rahman, F. (2016). Identifikasi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Benefita, 1(3), 154. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.495.
Tu, C., & Yang, S. (2013). The Role of Entrepreneurial Creativity in Entrepreneurial Processes. International Journal of Innovation, Management and Technology. 4(2), 286-289. https://doi.org/10.7763/ijimt.2013.v4.408.