Main Article Content

Abstract

Kabupaten Badung sebagai daerah yang memiliki jumlah UMKM Perikanan yang cukup banyak menghadapi tantangan dalam pengembangannya, salah satu diantaranya adalah proses pemasaran produk yang banyak memiliki kendala. Hal ini dikarenakan sebagian besar UMKM perikanan di Kabupaten Badung masih menggunakan sistem konvensional dalam proses penjualan produknya, sehingga kesulitan untuk memasarkan produknya dalam skala lingkup yang lebih luas. Perkembangan teknologi yang cukup pesat telah memberikan peluang bagi pelaku industri dan UMKM perikanan untuk mengembangkan pasarnya melalui penjualan online serta adanya implementasi dari kebijakan pemerintah tentang revolusi industri 4.0. Oleh karena itu dalam mencapai hal tersebut dilakukan kegiatan pengabdian ini, yang memiliki tujuan memberikan pemahaman kepada UMKM perikanan di Kabupaten Badung mengenai pentingnya proses pemasaran digital saat ini dengan cara memberikan pelatihan tentang cara dan kiat untuk memasarkan produk perikanan yang dihasilkan oleh UMKM melalui salah satu pasar digital yaitu www.tokoikan.id. Aplikasi pasar digital www.tokoikan.id merupakan salah satu hasil produk hilirasi dari kegiatan pengabdian di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, yang bertujuan untuk memberikan ruang kepada UMKM perikanan untuk dapat melakukan penjualan digital. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah UMKM sektor perikanan di kabupaten Badung, dan pelaksanaan Kegiatan pengabdian ini berkolaborasi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Badung. Metode kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM perikanan Kabupaten Badung untuk melakukan proses pemasaran digital melalui aplikasi www.tokoikan.id. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa UMKM perikanan di Kabupaten Badung mulai memahami pentingnya perubahan pola pemasaran dari cara konvensional menuju ke metode pemasaran digital, hal ini di kuatkan dengan adanya beberapa UMKM yang langsung memulai proses pemasaran digital dengan membuat akun penjual di aplikasi tokoikan.id

Keywords

UMKM Perikanan Pemasaran digital www.tokoikan.id

Article Details

How to Cite
Kartika, G. R. A., Dewi, A. P. W. K., Ernawati, N. M., Mahatmi, H., Taradhipa, I. G. A. D. O., & Astriani, N. L. A. G. (2024). Transformasi UMKM Perikanan di Kabupaten Badung Melalui Pelatihan Pemasaran Digital dengan Aplikasi www.tokoikan.id. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 5(2), 149–158. https://doi.org/10.29259/jscs.v5i2.194

References

  1. Afifudin, M., M. Lubis, & Sutoyo, E. (2020). Pengembangan digital ekosistem pada pelayanan pengguna untuk aplikasi haji menggunakan metode Extreme Programming. e-Proceeding of Engineering, 7(1), 2149-2154.
  2. Ajimat, A., Sunarsi, D., & Sidiq, F. (2021). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69–76. https://doi.org/10.34306/adimas.v1i1.249
  3. Ramu, M. (2020). A Study On Digital Marketing. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(4), 2784-2789. 10.37200/V24I4/12320
  4. Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138–149. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2.1582
  5. Dewi, R. M., & Hartono, T. (2019). E-Commerce Marketing Communication Strategies on Consumer Buying Interest. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(3), 01-08. https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/3/032013
  6. Diansyah, R., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., & Winarso, D. (2017). Penguatan UMKM Melalui Pelatihan Blog. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 1-7.
  7. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.223
  8. Dimas Dimas, Niluh Putu Evvy Rossanty, & Harnida Wahyuni Adda. (2023). Ekosistem Digital Sebagai Wadah Peningkatan Kapasitas Mitra PT Hanjaya Mandala Sampoerna Di Kota Palu. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(2), 01-08. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i2.1285
  9. Etro, F. (2021). Product selection in online marketplaces. Journal of Economics & Management Strategy, 30(3), 614-637.DOI:10.1111/jems.12428
  10. Grover, V., Kohli, R., & Ramanlal, P. (2018). Being mindful in digital initiatives. MIS Q. Executive, 17(3), 223-236.
  11. Gunawan, R., Malfiany, R., & Pane, H. Y. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Ukm Rempeyek Nok Uus Dengan Video Cinematic Didukung Motion Grafis. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), 25-36. https://doi.org/10.51903/pixel.v14i1.416
  12. Siregar, G., Arda, M., Damanik, W. S., Saragih, S. A., Popy, P., & Zulham, M. (2023). Pelatihan digital marketing untuk meningkatkan penjualan kelompok tani keloria. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 29(1), 60-63. https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.42385
  13. Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management), 14(1), 15-30. https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678
  14. Rijayana, I., Lestari, S., Murnawan, M., Nugraha, U., Virgana, R., & Samihardjo, R. (2023). Aplikasi Digital Marketing Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Komunitas Gedebage Market. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 6(4), 402-409.
  15. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i4.9461
  16. Kuzman, B., Prdić, N., & Kostić, S. (2022). Interdependence of interests of sellers and consumers by selling agricultural products on marketplaces. Economics of agriculture, 69(3), 697-711. DOI:10.5937/ekoPolj2203697K
  17. Maier, E., & Wieringa, J. (2021). Acquiring customers through online marketplaces? The effect of marketplace sales on sales in a retailer's own channels. International Journal of Research in Marketing, 38(2), 311-328. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2020.09.007
  18. Pangestu, M. G., Yossinomita, Y., & Angraini, D. (2023). Pelatihan Digitalisasi Marketing dalam Upaya Peningkatan Produksi dan Pemasaran pada Bisnis Online UMKM Kerupuk Ikan Kelurahan Pasir Panjang. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA, 2(2), 103-109.
  19. https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.2.877
  20. Nerbel, J. F., & Kreutzer, M. (2023). Digital platform ecosystems in flux: From proprietary digital platforms to wide-spanning ecosystems. Electronic Markets, 33(1), 6.
  21. https://doi.org/10.1007/s12525-023-00625-8
  22. Noviana, T. N., Rahmat, D., & Nuryusuf, P. (2022). Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12–23. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/7582
  23. Nurrahman, A., & Sulma, A. (2022). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan
  24. UMKM Kuliner Di Kelurahan Kadidi Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 1(2), 99-115. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v1i2.343
  25. Mota-Castillo, P. J., Unar-Munguía, M., Santos-Guzmán, A., Ceballos-Rasgado, M., Tolentino-Mayo, L., Barquera, S., ... & Bonvecchio, A. (2023). Digital marketing of commercial breastmilk substitutes and baby foods: strategies, and recommendations for its regulation in Mexico. Globalization and health, 19(1), 8.https://doi.org/10.1186/s12992-023-00908-x
  26. Phan, Q. P., Ngo, V. M., & Phuoc, N. C. (2020). How Social Commerce Characteristics Influence Consumers' Online Impulsive Buying Behavior in Emerging Markets. International Journal of E- Business Research (IJEBR), 16(3), 74-88. http://doi.org/10.4018/IJEBR.2020070105
  27. Sukmasetya, P., Muliasari, M., Anggraini, A., Zidda, F., Arifaini, H. N., & Mas' ud, A. A. (2023). Application of digital marketing in the efforts to develop MSMEsin Baleangung Village, Grabag District, Magelang Regency. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(1), 125-132. https://doi.org/10.37373/bemas.v4i1.596
  28. Qian, Y., Sui, Z., & Wang, D. (2023). The Implementation of Digital Marketing in Brand Promotion. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 16, 135-140. https://doi.org/10.54097/ehss.v16i.9583
  29. Rachma, N., & Fahrurrozirahman. (2022). Analisis Pemanfaatan Pemasaran Di Media Sosial Dan Marketplace Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Pada UMKM Industri Rumahan Di Desa Karang Kedawang Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 7(1), 1-26. https://doi.org/10.33474/jimmu.v7i1.14459.
  30. Subramaniam, M. (2020). Digital ecosystems and their implications for competitive strategy. Journal of Organization Design, 9, 1-10. https://doi.org/10.1186/s41469-020-00073-0
  31. Utami, L., Azzindani, R., Suandi, S., Pahmi, S., Wardhani, K., & Algifari, M. D. (2024). Sosialisasi Perhitungan Harga Pokok Penjualan dan Harga Jual Produk Pada Pelaku UMKM di Desa Sade Kabupaten Lombok Tengah. Devote : Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(2), 106–109. https://doi.org/10.55681/devote.v3i2.2913
  32. Taiminen, H.M. and Karjaluoto, H. (2015), "The usage of digital marketing channels in SMEs", Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 22 No. 4, pp. 633- 651.https://doi.org/10.1108/JSBED-05-2013-0073
  33. Yan, Y., Zhao, R., & Liu, Z. (2018). Strategic introduction of the marketplace channel under spillovers from online to offline sales. European Journal of Operational Research, 267(1), 65-77. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2017.11.011

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.