Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan sejak usia dini kepada anak-anak sekolah dasar yang berada di wilayah pinggiran Sriwijaya, Kota Palembang. Masalah lingkungan dan kurangnya kesadaran akan pentingnya hidup bersih masih menjadi tantangan, terutama di kawasan dengan keterbatasan akses terhadap pendidikan lingkungan. Kegiatan ini melibatkan 30 peserta didik dari sekolah pinggiran yang dibantu oleh relawan muda dari organisasi amal. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup pendekatan partisipatif melalui penyuluhan interaktif, permainan edukatif, praktik memilah sampah, dan demonstrasi sederhana mengenai daur ulang limbah rumah tangga. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap pentingnya menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan sekitar. Anak-anak menjadi lebih mengenal jenis-jenis sampah, dampak negatif sampah terhadap kesehatan dan lingkungan, serta manfaat daur ulang. Selain itu, kegiatan ini juga berhasil menumbuhkan kreativitas siswa dalam menciptakan produk sederhana dari bahan bekas yang memiliki nilai guna. Program ini tidak hanya memberikan edukasi dasar tentang lingkungan, tetapi juga menanamkan nilai tanggung jawab sosial dan sikap peduli terhadap lingkungan sejak usia dini sebagai bekal menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

Keywords

Edukasi lingkungan kebersihan sejak dini Anak-anak sekolah pinggiran

Article Details

How to Cite
Bashir, A., Ishak , Z., Dwi, R. S., Sitepu, C. D. S., Khamisah, N., & Putri, I. H. (2025). Edukasi Menjaga Kebersihan dan Lingkungan Sejak Dini di Kalangan Sekolah Pinggiran Sriwijaya . Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 6(1), 43–50. https://doi.org/10.29259/jscs.v6i1.189

References

  1. Ahmad, S., & Jaya, M. P. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Pembelajaran Berbasis Alam pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(02), 1-10. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v6i02.10886
  2. Bangun, I. A. B., Sitepu, A., Batee, H. I., Sitepu, P. S. B., Ginting, I. K. B., Sembiring, N. N. B., PArdede, B. L. C., Berdoansih, P., & Sihombing, F. P. (2024). Pentingnya Kepedulian Masyarakat Desa Sadaperarih Terhadap Kebersihan Lingkungan Desa. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(2), 2671-2677. https://doi.org/10.59837/wymzz083
  3. Ginting, J. M., Sasmi, N. I., Siongly, L. J., Palar, I., Tambunan, H., & Tjung, K. Y. (2022). Edukasi Pentingnya Menjaga Kebersihan Dan Pelindungan Terhadap Lingkungan. Prosiding National Conference For Community Service Project (Nacospro), 4(1), 376–380. https://doi.org/10.37253/nacospro.v4i1.6975
  4. Gule, Y., Limbong, N. L. B., Tarigan, P. P. B., & Tarigan, F. A. (2023). Edukasi Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup Sejak Dini. Jurnal Abdidas, 4(1), 75-81. https://doi.org/10.31004/abdidas. v4i1.756
  5. Gumartifa, A., Syahri, I., & Alfaresi, B. (2022). Edukasi mengenai kesadaran menjaga kebersihan diri pada anak-anak sekolah dasar di masa pandemi COVID-19. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(7), 2408-2412. http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2408-2412
  6. Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59-68. https://doi.org/10.31970/ gurutua.v4i1.67
  7. Ketut Lestari, N. P., Sedana Suci, I. G., & Rizky, E. M. (2024). Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Melalui Metode Pembiasaan di Tk Semara Ratih Nusa Penida. RAJULA: Journal of Early Childhood Education Studies, 1(2), 132-152.
  8. Lasalewo, T., Mardin, H., & Hariana, H. (2022). Edukasi pola hidup sehat dan bersih di SDN 6 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(1), 30-35. https://doi.org/10.34312/lamahu.v1i1.13539
  9. Mardhiati, R. (2019). Guru paud: pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak usia dini. Ikra-Ith Abdimas, 2(3), 133-141.
  10. Nugroho, A. S., Kaswinarni, F., & Prasetio, P. (2012). Pengelolaan Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 21-26. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v3i2.1547
  11. Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 37-44. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.37-44
  12. Parihin, P., Ahmad, A., Hidayah, N., Fathoni, M., Primajati, G., & Rusandi, H. (2022). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Kebersihan Lingkungan. Jurnal Mengabdi Dari Hati, 1(2), 75-82.
  13. Rando, A. R., Pali, A., Dole, F. B., Wali, M., Flores, U., & Abstrak, I. A. (2022). Edukasi Kesadaran Menjaga Lingkungan Bersih Di Sekolah Dasar Inpres Ende 14. Jurnal Literasi: Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 101–106.
  14. Rianti, R., Cahyo, R. D., Zulianti, P., Amarulloh, S., Hasanah, L., Latifah, D., & Rianti, I. (2023). Edukasi Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Sejak Dini Melalui Kegiatan Peduli Sampah di Desa Maruyungsari. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(2), 33-42. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i2.699
  15. Sari, N., & Ali, M. (2013). Pembiasaan Sikap Cinta Lingkungan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Ketapang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(3), 1-18. https://doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1624
  16. Suprapti, F., Sutantyo, E., Setyoningrum, A. A., Sirait, E., & Purwanto. (2023). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat tentang Pengelolaan dan Pemilahan Sampah di Kelurahan Karangjati Kecamatan Bargas Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 78-82. https://doi.org/10.52005/abdiputra.v3i2.205

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.