Main Article Content

Abstract

Dengan dukungan teknologi informasi, semua urusan jadi lebih mudah. Teknologi tidak bisa dipungkiri telah membawa banyak perubahan dalam dinamika persaingan bisnis saat ini. Mulai dari lahirnya pesaing- pesaing baru, inovasi-inovasi produk baru, sampai hadirnya berbagai model bisnis baru. Dalam pelaksanaan pengabdian Kelompok 24 KKN Universitas Islam Balitar Tahun 2022 menjumpai beberapa UMKM yang mulai merintis usaha. UMKM ini dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana menjual barang. Demikian juga dalam kemasan produk hanya sebatas dikemas, tanpa mempertimbangkan aspek design menjadi menarik dan layak jual dalam pasar yang lebih luas. Dengan menggunakan pendekatan survey, wawancara, dan penguatan kapasitas, akhirnya diperoleh hasil: (a) UMKM Jamur Crispy Mak Rin sudah memiliki catatan pendapatan dan juga pengeluaran yang baik. Mereka sudah mulai memahami serta mampu mencatat semua transaksi dengan lancar. Transaksi yang telah dilaksanakan setidaknya telah menjadi bahan pertimbangan bagi UMKM Jamur Crispy Mak Rin untuk memantau biaya produksi dan jangkauan pemasaran; (b) Pelaku UMKM Jamur Crispy Mak Rin mampu mengoperasikan shopee dengan baik, dan mereka kini sudah memiliki beberapa pesanan melalui aplikasi shopee, serta pesanan untuk offline mereka juga semakin meningkat. Bahkan peningkatan sekitar 50-90% dibandingkan dengan sebelum mengikuti pendampingan; (c) Usaha jamur crispy Mak Rin setelah dilakukan fasilitasi deisgn label serta kemasan yang menarik, akhirnya produk mereka semakin dikenal dan setidaknya dalam kurun akhir masa pengabdian, terjadi peningkatan omset penjualan; (d) Setelah dilaksanakan pelatihan dan sosialisasi, para pelaku UMKM merasakan adanya wawasan baru dan motivasi tentang cara menjadikan usaha mereka makin berkembang.

Keywords

UMKM penguatan kapasitas teknologi

Article Details

How to Cite
Khusna, S. M., Nasyirudin, M., & Rizqia, S. F. (2023). Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Melalui Digital Marketing Di Desa Ngaglik Kec. Srengat Kab. Blitar. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.29259/jscs.v4i1.109

References

  1. Ahluwalia, L., Nani, D.A.,& Sari, T.D.R. (2022). Peningkatan Produktivitas UMKM Melalui Pelatihan Merk Produk Dan Penyusunan Laporan Keuangan Di Pekon Panggungrejo, Kabupaten Pringsewu. Journal Of Social Sciences And Technologyfor Community Service. 3(1), 38
  2. Atmojo, M.E., Kusumo, M.P. (2022). Pemberdayaan UMKM Melalui Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 6(2). 384
  3. Firdaus, M.I., Azizah, P.N., & Sa'adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemsaaran UMKM di Era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian. 4(2).160
  4. Hakiki, A., Yusnaini, Y., & Khamisah, N. (2021). Pendampingan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi pada UMKM di Desa Kerinjing, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 125-132.
  5. Huda, . (2021). Tantangan dan Dampak Digital Marketing Di Era Society 5.0. Jurnal Keislaman Terateks, 6(2), 126-144
  6. LPPM Universitas Islam Balitar, Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2022 Tematik Pasca Pandemi, Blitar, tp. 2022
  7. Mane, A.A., Syarifuddin., Loli, H., Menne, F., Pannyiwi, R., Hasan, S., Amiruddin., & Karim, A., (2022) Peran UMKM dalam peningkatan Pendapatan Masyarakat di Desa Kaloling. Journal of Management. 5(3). 345
  8. Marjukah, Anis. (2022). Pengaruh Pelatihan Pemasaran Digital Terhadap Kinerja UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keuangan dan Bisnis. 20(1). 11
  9. Mavilinda, H., Nazaruddin, A.,
  10. Nofiawaty, N., Siregar, L., Andriana, I., & Thamrin, K. (2021). Menjadi "UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17-28.
  11. Oktaviani, L., Suaidah., Aldino, A.A., Jupriyadi., & Lestari, Y.T. (2022). Penerapan digital Marketing pada E-Commerce untuk meingktakan penjualan UMKM Marning. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1). 372
  12. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Kerjasama LPPI dan Bank Indonesia, 2015
  13. Sanjaya, P.K.A., & Nuratama, I.P. (2021). Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah. CV. Cahaya Bintang Cemerlang
  14. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah
  15. Yulianita, A., Marissa, F., Imelda, I., Asngari, I., Harunurrasyid, H., & Adnan, N. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan UMKM dalam Menyusun Laporan Keuangan Sektor Barang dan Sektor Jasa dengan Program MYOB di Masa Pandemi COVID 19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 3(1), 81-88.
  16. Yustitia, E.,& Andriansah. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual Pada UMKM di Desa Sawahkulon. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3(1).

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.